Global Madani kini memiliki pengelola yang sangat dan semakin solid, terdiri
dari Pembina, Pengurus, dan Pengawas. Lahan untuk kampus seluas lebih
dari 9.000 m2telah semuanya dibebaskan. Pembangunan
kampus secara bertahap telah berjalan sangat progresif sejak batu pertama
diletakkan oleh Prof. Dr. Ir. H. Abdul Kadir Salam, M.Sc. pada tanggal 1
November 2010.
Banyak yang tidak percaya kalau pembangunan kompleks
Sekolah Global Madani baru berjalan 50 bulan pada 1 Februari 2015 karena begitu
pesatnya pembangunan infrastruktur Sekolah Global Madani. Gapura Sekolah
Global Madani berdiri megah di mulut Jl. Kavling Raya menghadap ke Jl. Pramuka
yang begitu ramai. Jalan masuk di sepanjang Jl. Kavling Raya dan masuk ke
Jl. Kavling Raya XIV di depan Kampus telah diaspal hot-mix (tentunya
atas kebaikan Pemkot Bandar Lampung). Seluruh halaman muka gedung dan
plaza telah dipaving dengan kualitas sangat bagus. Gedung A (Kantor
Pusat Manajemen) telah 99% rampung dan fungsional sejak awal tahun 2011. Gedung
B (Gedung SD yang saat ini masih digunakan bersama SMP dan SMA) telah
juga berdiri sejak tahun 2011; saat ini pembangunannya telah mencapai 95% (3
lantai dengan 30 ruang kelas dan 6 kompleks toilet). Gedung C (Masjid
Al-Madani) Lantai I dan Lantai II, masing-masing seluas kurang lebih 200 m2 dilengkapi
dengan 48 kran wudlu ditopang dengan sumur bor dan 4 tower khusus telah
operasional (atas kebaikan hati rekan-rekan kaum muslimin melalui zakat
fisabililah dan infak serta LAZIS Bank Syariah Mandiri). Masjid Al-Madani
diharapkan dapat melayani kegiatan keislaman seluruh siswa Sekolah Global
Madani, yang tentunya semakin banyak (diproyeksikan pada titik equilibrium
siswa Sekolah Global Madani berjumlah 1.320 – 1.650 orang; suatu jumlah yang sangat
banyak untuk sebuah sekolah unggulan dengan jumlah siswa maksimum 24 orang per
rombongan belajar). Pada Tahun Akademik 2014 – 2015 jumlah siswa Sekolah
Global Madani adalah 700-an orang (sekitar 50% dari kapasitas
equilibrium). Gedung D (Pusat Kegiatan Siswa) Lantai I
telah selesai dibangun pada tahun 2012 dengan bantuan pendanaan dari Pemerintah
Provinsi Lampung melalui Dinas Pendidikan Provinsi Lampung. Pada Tahun
Akademik 2013 – 2014 gedung ini untuk sementara digunakan untuk
pembelajaran. Pada tahun 2019 (setelah pembangunan Gedung SMA selesai)
gedung ini akan direnovasi menjadi 3 tingkat (Lantai I untuk pusat pelayanan
siswa, Lantai II untuk perpustakaan pusat, dan Lantai III untuk musium sejarah
Global Madani). Gedung E (Student Service Center) dibangun
seiak tahun 2013. Pembangunannya telah mencapai 95% dan telah difungsikan; di
dalamnya terdapat Perputakaan Global Madani, GM Tailor, Kantor
OSIS, Poliklinik, Kantin Karani II, dan GM Self-Managed Daycare Center. Gedung
F (Gedung SMP, 3 lantai dengan 30 ruang kelas plus perkantoran) telah
mulai dibangun seiak 17 Agustus 2014 (Peringatan Milad ke-4 Global
Madani). Dalam kompleks ini juga dibangun Assalam Hall berdampingan
dengan Kantin Karani I di Lantai I. Selain itu, Lantai II dilengkapi dengan
sebuah ruang khusus untuk istirahat dan pertemuan santai bagi guru yang disebut Rendevous
Room (R-Room). Gedung G (Gedung
SMA, 3 lantai dengan 30 ruang kelas plus perkantoran dan laboratorium) akan
mulai dibangun mulai tahun 2017 dan diproyeksikan akan selesai pada tahun 2019,
sesuai dengan ketersediaan dana dan perkembangan jumlah siswa Sekolah Global
Madani. Berdasarkan proposal awal pendiriannya, pembangunan Sekolah
Global Madani direncanakan berjalan selama 7 tahun dalam periode 2010 –
2017. Dengan perkembangan kebutuhan pendidikan, pembangunan fisik
diperkirakan akan selesai pada tahun 2020. Seluruh gedung (Kantor Pusat
Manajemen, SD, Pusat Pelayanan siswa, Masjid Al-Madani, SMP, dan SMA) akan
terhubungkan satu ama lain dengan skywalkdi Lantai II sehingga
siswa dan guru tidak harus melewati Lantai I (Ground Zero) bila bergerak
antargedung. Lahan tempat Sekolah Global Madani (Ground Zero) juga
dikelilingi dengan jalan setapak dengan paving berkualitas, lintasan dirancang
dengan baik sehingga nyaman dan aman untuk dilewati.
<
Fasilitas lain yang saat ini telah dimiliki oleh
Yayasan Pendidikan Global Madani adalah sebagai berikut:
1.
Lahan Parkir Luar
dengan kapasitas 25 kendaraan roda empat,
2.
Lahan Parkir Dalam
dengan kapasitas 25 kendaraan roda empat,
3.
Lahan Parkir Dalam
(Plaza Durian) dengan kapasitas 15 kendaraan roda empat,
4.
Kantor Petugas
Keamanan,
5.
Lapangan Futsal (Plaza
Kafe dan Plaza Kanafira)dan Bola Basket,
6.
Plaza SD (Plaza
Keneda) dan lapangan bulu tangkis,
7.
Plaza KPM dan Plaza
Durian,
8.
Laboratorium TIK,
9.
Laboratorium
Multimedia,
10.
Laboratorium Sains,
11.
Laboratorium Biologi,
12.
Laboratorium Kimia,
13.
Taman Botani (berisi
tanaman bambu, belimbing wuluh, duren, gelodogan tiang, jati, jengkol, kakao,
kedondong, kelapa, kelapa sawit, kelengkeng, kemiri, mangga, nangka, pepaya,
pisang, rambutan, salak, salam, tangkil, dan aneka tanaman bunga, di antaranya
bugenvil)
14.
Perpustakaan,
15.
Kantin Selera Madani
(Karani I) dan Karani II,
16.
Masjid Al-Madani,
17.
Tempat wudlu dengan 64
kran dan sumur serta 4 penampung air khusus masiid,
18.
GM
Tailor,
19.
Poliklinik,
20.
Tempat Penitipan Anak.
Seluruh
fasilitas di atas terpelihara dengan baik sehingga dapat memberikan pelayanan
prima dan nyaman bagi siswa dan seluruh sivitas akademika Sekolah Global
Madani.
Untuk menunjang
kegiatan nir-akademik, Yayasan Pendidikan Global Madani juga memiliki Koperasi
Syariah Madani Sejahtera (K-SMS), yang memiliki beberapa unit usaha, yaitu:
a. Kompleks kantin sekolah, yang disewakan untuk umum, b. Kantin minuman dan
makanan ringan, c. Abunemen untuk antar-jemput siswa, d. Global
Madani Tailor untuk penyediaan seragam bagi siswa dan
pegawai. Selain itu, Yayasan Pendidikan Global Madani juga memiliki
penerbit, yaitu Global Madani Press, untuk melayani
publikasi karya tulis sivitas akademika Sekolah Gobal Madani. Pada tahun
2012 GM Press telah menerbitkan sebuah buku dan pada tahun
2014 menerbitkan 3 buah buku, di antaranya adalah “Melatih Guru Muda
MENYUSUN KARYA TULIS”, yang merupakan rangkuman hasil Pelatihan Penyusunan
Karya Tulis bagi Guru dan Karyawan Sekolah Global Madani pada tahun 2012.
Penulis buku ini adalah para fasilitator dan peserta pelatihan tersebut.
Untuk menunjang
pembelajaran, Yayasan Pendidikan Global Madani hanya mengangkat guru yang
berkualitas dan memiliki kriteria sesuai dengan Visi Global Madani.
Sampai Februari 2014 Yayasan Pendidikan Global Madani memiliki sekitar 80-an
orang guru yang ramah, profesional, berpengalaman, dan terlatih. Mereka
dilatih secara temerus untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas. Di
antara pelatihan yang telah diselenggarakan atau diikuti oleh
para guru Sekolah Global Madani adalah sebagai berikut:
1.
Pelatihan Budaya
Akademik Sekolah pada tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014 dengan instruktur Prof.
Dr. Abdul Kadir Salam, Dr. Erwanto, Prof. Dr. Nanik Sriyani, Liza Alvia, M.Sc.,
Akt., Dr. Dyah Indriana Kusumastuti, Evi Gazaly, M.Pd., Subekti, Dr. Bujang
Rahman, dan Dr. Sowiyah;
2.
Pelatihan Hafal Cepat
Metode Hanifida pada tahun 2011 dengan instruktur Dr. Hanif;
3.
Pelatihan Multiple
Intellegence System pada tahun 2012 dengan Instruktur Munif Chatib;
4.
Pelatihan Penyusunan
Karya Tulis bagi Guru dan Pegawai Sekolah Global Madani pada tahun 2012 dengan
instruktur Prof. Dr. Abdul Kadir Salam, Dr. Dyah I. Kusumastuti, Liza Alvia,
M.Sc., Akt., dan Prof. Dr. Nanik Sriyani.
5.
Berbagai pelatihan
yang dirancang dengan baik dan dilaksanakan setiap tahun.
Untuk mempertahankan
kualitas guru, Yayasan Pendidikan Global Madani juga telah sejak tahun 2011
menyusun dan menerapkan Code of Conduct of Global Madani (CCGM)
yang setiap tahun dinilai dengan menggunakan alat Indeks Integritas dan
Kinerja (IIK). Untuk mengontrol kepatuhan guru dan karyawan
(juga siswa) terhadap CCGM, telah juga diterapkan alat khusus yang disebut ExcellAppreciation dengan
skala skor 100 – 0. Degradasi skor akibat inkonsistensi terhadap CCGM dapat
mengakibatkan guru (atau siswa) dikeluarkan bila skornya turun mencapai angka
< 50. Berdasarkan catatan, telah banyak siswa dan guru yang
terpaksa dikeluarkan karena nilai EA < 50.
Yayasan Pendidikan
Global Madani juga memperhatikan kesejahteraan lahir dan batin para guru dan
karyawan. Ini
berdasarkan pemikiran bahwa guru dan karyawan dapat mengembangkan kemampuan dan
dedikasinya dengan baik bila mereka sejahtera lahir dan batin. Salah satu
strategi yang dibuat adalah penerapan sistem insentif mencakup: struktur gaji
pokok dan tunjangan serta sistem promosi yang sangat jelas dengan basis
pendidikan, kompetensi, dan masa bakti. Untuk merealisasikan keinginan
ini, Yayasan Pendidikan Global Madani menerapkan berbagai tunjangan,
yaitu:
1.
Tunjangan Struktural
bagi para pejabat (kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala laboratorium,
wali kelas, komandan satpam, kepala poliklinik),
2.
Tunjangan Komunikasi
(bagi pejabat struktural tertentu),
3.
Tunjangan Penguasaan
Bahasa Asing (Inggris dan/atau Arab),
4.
Tunjangan Makan Siang,
5.
Tunjangan
Transportasi,
6.
Tunjangan Loyalitas,
7.
Tuniangan Kehadiran
(hangus bila absen/ijin 5 hari atau lebih dalam sebulan),
8.
Tunjangan
Jamsostek/BPjS,
9.
Tunjangan Suami/Istri,
10.
Tunjangan Anak,
11.
Gaji ke-13,
12.
Gaji ke-14 (Tunjangan
Hari Raya),
13.
Gaji ke-15,
14.
Tunjangan Belajar, dan
15.
Tunjangan Umrah
Tunjangan Umrah tidak
hanya diberikan kepada guru dan pegawai penunjang tetapi juga diberikan kepada
para tukang yang telah lama mengabdikan diri dalam pembangunan infrastruktur
Sekolah Global Madani. Para tukang juga diikutkan dalam program jamsostek
seperti pegawai lainnya. Sampai tahun 2015 telah diberangkatkan 12 orang
pegawai untuk berumrah, terdiri dari 1 orang staf administrasi, 4 orang guru, 1
orang petugas keamanan, 1 orang petugas kebersihan, dan 5 orang tukang.
Penyelenggaraan
sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA, dilaksanakan dengan peraturan yang sangat
jelas. Seluruh tahapan penyelenggaraan diatur dengan menggunakan Prosedur
Operasi Baku (POB) yang dikembangkan oleh Pengelola Yayasan bersama
para kepala sekolah. Mekanisme Check and Balances dilakukan
dengan berbagai mekanisme. Salah satu mekanisme yang dilaksanakan adalah
dengan melakukan evaluasi akhir semester terkait dengan pengalaman baik (good
practices) dan pengalaman buruk (Bad Practices) dalam
acara pemaparan Lesson Learned dengan melibatkan
seluruh Pengelola Yayasan, Guru, dan karyawan.
Pengoperasian sekolah
juga telah mendapatkan izin pendirian dari Walikota Bandar Lampung. Ijin
tersebut berdasarkan Keputusan Walikota Bandar Lampung Nomor 625/IV.40/HK/2011
tentang Izin Pendirian Sekolah Dasar Global Madani tertanggal 8
Desember 2011; Keputusan Walikota Bandar Lampung Nomor 623/IV.40/HK/2011
tentang Izin Pendirian Sekolah Menengah Pertama Global Madani
tertanggal 8 Desember 2011; dan Keputusan Walikota Bandar Lampung Nomor
613/IV.40/HK/2012 tentang Izin Pendirian Sekolah Menengah Atas Global
Madani tertanggal 05 Agustus 2012. Keluarnya ketiga surat ini
menaikkan status Sekolah Global Madani sehingga dapat mengajukan akreditasi
pada saatnya. Dengan sistem penyelenggaraan dan fasilitas pendidikan jauh
di atas rata-rata, sudah seharusnya Sekolah Global Madani akan memperoleh Akreditasi
A.
Keyakinan tersebut di
atas ternyata bukan mimpi di siang bolong. Hanya dalam waktu 3.5 tahun
sejak dibuka, SMP Global Madani memperoleh Peringkat Akreditasi “A” dengan
nilai sangat tinggi (Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah
– BAP-SM Nomor 161/BAP-SM/12-LPG/RKO/2014 Tanggal 4 November 2014).
Demikian juga SMA Global Madani, yang juga memperoleh Peringkat Akreditasi “A”
dengan nilai yang sangat tinggi (Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi
Sekolah/Madrasah – BAP-SM Nomor 161/BAP-SM/12-LPG/RKO/2014 Tanggal 4 November
2014). Berdasarkan perkembangan yang sangat pesat, SD Global Madani juga
sangat diharapkan akan memperoleh Peringkat Akreditasi “A” dalam proses
akreditasi pada tahun 2016 yang akan datang (setelah menghasilkan
lulusan). Pendirian Yayasan Pendidikan Global Madani dan pembangunan
Sekolah Global Madani adalah sebuah perjalanan yang relatif menantang.
Tantangan pertama muncul dengan cucuk cabutnya para pengelola yayasan karena
berbagai sebab dan persoalan sampai akhirnya pada saat ini mencapai sebuah
kondisi equilibrium dengan enam orang personil yang loyal dan penuh
dedikasi. Tantangan kedua, sama seperti yang dihadapi oleh yayasan lain,
yaitu masalah cekaknya dana.
Dengan modal nekat,
awalnya para Pendiri Yayasan Pendidikan Global Madani ingin mendirikan sebuah
yayasan “milik umat” dengan pendanaan umat yang sangat bertebaran.
Misalnya, zakat dan infak kaum muslimin, hibah dari negara-negara timur tengah,
CSR dari berbagai perusahaan dan banyak sekali rekan kerja dan rekan semasa
sekolah dan kuliah, yang karena kedudukannya saat ini sangat potensial.
Usaha untuk menggalang potensi “dana umat” tersebut telah dengan sangat gigih
dilakukan. Namun dalam praktiknya ternyata potensi tersebut tidak dapat
direalisasikan. Perhitungan terakhir terhadap dana yang terkumpul dari
sumber-sumber tersebut menunjukkan angka hanya 3% dari dana yang sampai saat
ini telah diinvestasikan untuk membangun Sekolah Global Madani. Analisis
menyimpulkan bahwa (salah satunya) sebagian mereka ragu: kenapa
membangun sebuah sekolah unggulan kok hanya mengandalkan kemurahan hati orang
lain. Akibatnya, potensi yang begitu besar tidak termanfaatkan dengan
baik. Hal lain yang sangat terasa adalah kekhawatiran terhadap kentalnya
agama dalam penyelenggaraan sekolah yang akan dibangun. Tidak ada jalan lain,
Yayasan Pendidikan Global Madani harus merangkul bank untuk dapat memperoleh
dana segar. Kerjasama dengan bank tentunya tidak tanpa konsekuensi, tidak
ada makan siang yang gratis. Akhirnya pupus sudah mimpi mendirikan sebuah
yayasan milik umat karena para pendiri harus ‘mengorbankan’ rumah-rumah dan apa
saya yang meraka miliki sebagai agunan, termasuk tabungan keluarga yang
sedianya digunakan untuk keperluan masa depan.
Namun demikian, pada
umurnya yang baru 53 bulan pada Februari 2015, Yayasan Pendidikan
Global Madani telah berhasil memupuskan keraguan sebagian mereka yang
pesimistis pada awal pendirian Yayasan Pendidikan Global Madani. Saat
ini Sekolah Global Madani, terdiri dari SD, SMP, dan SMA Global Madani, telah
terakreditasi “A”, dengan berbagai perangkatnya yang telah berdiri sejajar atau
beahkan lebih baik dibandingkan dengan sekolah-sekolah unggulan lain di
Provinsi Lampung, termasuk sekolah-sekolah yang telah lahir puluhan tahun yang
lalu. Sebagian intelektual bahkan berpendapat Sekolah Global
Madani saat ini adalah sekolah terbaik sesuai dengan visinya “Insan Islami
Cerdas Bermartabat”.
Berikut
ini informasi Penerimaan Pendaftaran
Siswa Baru SD SMP SMA Unggulan Global
Madani Bandar Lampung Tahun 2017-2018;
Persyaratan Pendaftaran Siswa Baru (calon Siswa Baru) SD SMP SMA Unggulan Global
Madani Bandar Lampung Tahun 2017-2018;
dan Info biaya pendidikan SD SMP SMA Unggulan
Global Madani Bandar Lampung Tahun 2017-2018
![]() |
PENERIMAAN PENDAFTARAN SISWA BARU SD SMP SMA UNGGULAN GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017-2018 |
Terima kasih Anda
sudah membaca info, Penerimaan Pendaftaran
Siswa Baru SD SMP semoga bermanfaat.
Info selengkapnya kunjungi
di http://globalmadani.sch.id
<
loading...