APLIKASI DAN PANDUAN E RAPOR SMP 2017 – 2018 ( APLIKASI RAPOR KURIKULUM 2013 RESMI DIREKTORAT PSMP) |
Direktorat Pembinaan Sekolah
Menengah Pertama secara resmi telah merilis aplikasi e Rapor untuk SMP 2017 - 2018 (Aplikasi Rapor untuk SMP Pelaksana
Kurikulum 2013. Aplikasi e Rapor SMP
tahun 2017 - 2018 (Aplikasi Rapor
Kurikulum 2013 Versi Direktorat PSMP) ini dikembangkan dengan merujuk kepada
panduan penilaian tahun 2017 cetakan ketiga yang diterbitkan oleh Direktorat
Pembinaan SMP. Salah satu kelebihan Aplikasi ini Selain terintegrasi dengan
Dapodik, Sekolah juga dapat mencetak Leger dan Rapor.
Selengkapnya silahkan
download File Aplikasi E Rapor SMP tahun
2017 - 2018, Panduan Instalasi dan Penggunaan
E Rapor SMP Tahun 2017 – 2018 Serta Panduan Penilaian SMP Tahun 2017
Download Aplikasi E-Rapor SMPTahun 2017 - 2018
Download Aplikasi PanduanAplikasi E-Rapor SMP Tahun 2017 - 2018
Download Aplikasi Penilaian SMPTerbaru Versi Tahun 2017.
TAMPILAN LOGIN E RAPOR SMP 2017 – 2018 ( APLIKASI RAPOR KURIKULUM 2013 RESMI DIREKTORAT PSMP) |
Berikut beberapa Catatan Permasalahan
dan Solusi terkait E Rapor SMP Tahun 2017 - 2018
Bagaimana Setting Cetak
(Printout) E-Rapor?
Default cetak e-Rapor adalah
A4.
Masih dimungkinkan untuk disetting dengan ukuran letter, pada setting
printernya.
Bagaimana Cara Memberi
Watermark Pada Printout E-Rapor?
e-Rapor tidak menyediakan
fasilitas untuk memberi watermark misal logo sekolah dsb.
Hal ini dapat disisasati dengan menggunakan kertas khusus yang telah tercetak
watermark sesuai dengan kebutuhan sekolah.
Apakah Memungkinkan
Menambahkan Data Guru Pada E-Rapor
Tidak,
Semua data referensi pokok harus mengacu pada Dapodik, jika terjadi perubahan
data misal guru,siswa,pembelajaran dsb maka perubahan harus dilakukan pada
Dapodik, kemudian e-Rapor mengambil data tersebut melalui menu “Ambil Data
Dapodik”
Bagaiman Dengan Nilai Siswa
Mutasi Pada Pergantian Semester
Untuk nilai semester
berjalan dapat dilakukan sebagaimana prosedur penilaian, sepanjang data siswa
telah masuk Dapodik dan diambil oleh oleh e-Rapor
Untuk semester sebelumnya, nilai siswa otomatis tidak dapat masuk e-Rapor.
Sehingga untuk analisis kenaikan kelas dilakukan secara manual. (ini adalah
pengecualian)
Bagaimana Solusi Penugasan
Guru Yang Belum Dapat Terdaftar Pada Dapodik Agar Dapat Akses Input Nilai Ke E Rapor?
Belum ada solusi pasti,
logikanya nilai tersebut menjadi tanggung jawab sekolah sebelumnya. Masalahnya
Dapodik juga belum mengakomodir konversi nilai tersebut ke database siswa.
Dapatkah Import Nilai (UH,PTS,PAS)
Dilakukan Dengan Menggunakan Format Yang Form Nilai Yang Telah Dibuat Oleh
Sekolah ?
Tidak
Format impor nilai hanya bisa dilakukan melalui format yang telah disediakan
oleh e-Rapor dan ini dapat digunakan setelah guru melakukan rencana penilaian
(UH,PTS dan PAS) lengkap dengan pembobotannya. Karena setiap perencenaan dan
teknik penilaian akan memiliki id unik yang berbeda untuk setiap perencenaan
dan mata pelajaran.
Solusinya adalah lengkapi perencanaan penilaian, kemudian download form import
penilaian tersebut. Form ini dapat sekaligus menjadi buku nilai bagi guru yang
bersngkutan. Tetapi perlu diperhatikan, guru hanya boleh mengisi pada kolom
nilai, tanpa mengubah id yang secara otomatis disediakan oleh e-Rapor
Bagaimana Solusi Penugasan
Guru Yang Belum Dapat Terdaftar Pada Dapodik Agar Dapat Akses Input Nilai Ke E Rapor?
Pada Dapodik, titipkan
tugasnya pada salah satu guru yang telah terdaftar. Isikan pada JJM nya 0 (nol)
agar tidak mempengaruhi JJM guru ybs.
e-Rapor melakukan sinkron ulang ke Dapodik.
Tambahkan user dengan username baru pada guru yang diditipi penugasannya untuk
memberi akses guru yang bersangkutan.
Bagaimana Menambahkan Guru
Agama (Minor) Di Mana Sekolah Tidak Memiliki Guru Agama Tersebut.
Pada Dapodik, titipkan
tugasnya pada salah satu guru yang telah terdaftar. Isikan pada JJM nya 0 (nol)
agar tidak mempengaruhi JJM guru ybs.
e-Rapor melakukan sinkron ulang ke Dapodik.
Tambahkan user dengan username baru pada guru yang dititipi penugasannya untuk
memberi akses guru yang bersangkutan.
Pada e-Rapor siswa secara otomatis akan terpetakan untuk mapel agama sesuai
dengan agama yang dianutnya.
Pada E Rapor Data Siswa Dan
Guru Pembina Ekstra Kurikuler Tidak (Kosong)
Pada Dapodik,lengkapi data
ekskul meliputi nama rombel ekskul, pembina, anggota rombel.
Lengkapi pula data data jenis ekskul, surat tugas, jjm ekskul pada tab Sekolah
pada Dapodik.
Lakukan ulang sinkron e-Rapor ke Dapodik.
Pada Format Impor Nilai Data
Siswa Dan KD Kosong
Pastikan pemetaan mapel dan
KKM mapel telah lengkap (pada Admin)
Pastikan guru mapel telah melakukan perencanaan penilaian sebelum input nilai
Pada Format Impor UTS dan PAS
Data Siswa Kosong
Pastikan guru mapel talah
melakukan perencanaan dan pembobotan pada UTS dan PAS
Tidak Semua Nilai Siswa
Terkirim Ke Wali Kelas
Pastikan pada deskripsi
kompetensi tidak ada teks yang berwarna merah. Jika ada lakukan editing dengan
memperhitungkan maksimal 200 karakter.
Lakukan pengiriman ulang nilai akhir oleh guru mapel yang bersangkutan
Nama Mapel Pada Leger Kosong
Pastikan admin telah
melakukan penyingkatan nama mapel pada bagian admin>>Data Referensi
Dapodik>>Data Mapel
Deskripsi Sikap Pada Cetak
Rapor Kosong
Pastikan wali kelas telah
melakukan proses deskripsi dengan menyimpannya.
Demikian info Aplikasi dan
Panduan E Rapor Smp 2017 – 2018 (Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 Resmi Direktorat
PSMP), semoga bermanfaat